Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Seperti yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya, setelah selesai sholat fardhu/sunnah, dianjurkan membaca wirid dan dzikir sesudah shalat, yang kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa sholat fardhu/sunnah dalam bahasa arab.

Karena (alhamdulillah) bacaan wirid dan dzikir sudah pernah kami share, maka pertemuan ini kami akan menyajikan lafadz doa sesudah sholat lengkap arab, latin dan artinya. Doa sesudah shalat ini baik diamalkan ketika selesai shalat fardhu maupun setelah sholat sunnah.

Pada dasarnya, bacaan doa setelah selesai sholat merupakan Kumpulan Doa-doa Islami Bahasa Arab yang digabungkan atau dibaca sesudah sholat. Misalnya, membaca doa memohon dijauhkan dari kejahatan, kemudian disusul/dilanjutkan dengan doa selamat dunia akhirat dan seterusnya.

lafadz doa sesudah sholat lengkap bahasa arab, latin dan artinya
Ilustrasi : Berdoa setelah selesai sholat berjama'ah


Untuk lebih jelasnya, berikut langsung saja kami sajikan lafadz bacaan doa setelah sholat dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya lengkap yang secara umum diamalkan oleh masyarakat kita.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM. ALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN. HAMDAY YU-WAAFII NI'AMAHUU WA YUKAAFI'U MAZIIDAH. YAA RABBANAA LAKALHAMDU WA LAKASY SYUKRU KA-MAA YAMBAGHIILIJALAALIWAJHIKA WA 'AZHIIMISUL-THAANIK.
Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.
اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ.
ALLAAHUMMA SHALLIWASALLIM 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIW WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. SHALA ATAN TUN AJIHNAA BÍHAA MINJAMII'IL AHWAALI WAL AAFAAT. WA TAQDHII LANAA BIHAA JAMII'AL HAAJAAT. WA TUTHAHHIRUNAA BIHAA MIN JAMII'IS SAYYI'AAT. W ATARFA ' UN A A BIHAA 'INDAKA ' A'LADDARAJAAT. WA TUBALLIGHUNAA BIHAA AQSHAL GHAAYAATI MIN JAMII'IL KHAIRAATIFIL HAYAATIWA BA'DAL MAMAAT. INNAHU SAMII'UN QARIIBUM MUJIIBUD DA'AWAAT WAYAA QAADHIYAL HAAJAAT.
Artinya :
Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.
ALLAAHUMMA INNAA NAS'ALUKA SALAAMATAN FTDDIINI WADDUN-YAA WAL AAKHIRAH. WA 'AAFIYA-TAN FIL JASADI WA SHIHHATAN FIL BADANI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BARAKATAN FIRRIZQI WA TAUB ATAN QABLAL MAUT WA RAHM ATAN 'INDALMAUT WA MAGHFIRATAN BA'D AL MAUT. ALLAAHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUT WAN NAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAAB.
Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ
ALLAAHUMMA INNAA NA'UUDZU BIKA MINAL 'AJZI WAL KASALI WAL BUKHLI WAL HARAMI WA 'ADZAABIL QABRI.
Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur
اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا.
ALLAAHUMMAINNAA NA'UUDZU BIKA MIN 'ILMIN LAA YANFA' W AMIN QALBIN LAA YAKHSYA' W AMIN NAFSIN LAA TASYBA' WAMIN DA'WATIN LAA YUSTAJAABU LAHAA.
Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ
RABBANAGH FIRLANAA DZUNUUBANAA WA LIWAA-LIDIINAA WALIMASYAAYIKHINAA WA LIMU'ALLI-MIENAA WA LIMAN LAHUU H AQQUN' ALAIN AA WA LIM AN AHABBA WA AHSANA ILAINAA WA LIKAAFFATIL MUS LIMUN A AJMA'IIN.
Artinya :
Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ
RABBANAA TAQABBAL MINNAA INNAKA ANTAS SAMII'UL 'ALIIM, WA TUB 'ALAINAA INNAKA ANTAT TA WWA ABUR RAHIIM.
Artinya :
Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.
وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
WASHALLALLAAHU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMA-DIN WA'ALAA AALIHIWA SHAHBIHIIWA SALLAM, WAL HAMDU LILLAAHIRABBIL 'AALAMIIN.
Artinya :
Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Video Bacaan Doa Setelah Sholat fardhu 5 waktu

Itulah doa sesudah selesai sholat fardhu atau sunnah bahasa arab lengkap. Anda dapat menambahkan lagi doa-doa lainnya, misalnya Bacaan Doa Khusnul Khotimah atau doa-doa yang lainnya. Semoga bermanfaat.

207 komentar untuk "Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. alhamdulillah, syukron, trims telah berbagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Terimakasih ini bermanfaat sekali?

      Hapus
    3. Alhamdulillah...blog ini sangat bermanfaat

      Hapus
    4. Alhamdulillah, terima kasih

      Hapus
    5. syukran sangat kak, sungguh sangat bermanfaat 🙏🙏🙏

      Hapus
    6. lihat ayat nya. di teliti udah benar apa blm..

      Hapus
  2. Assalamualaikum.
    Izin Membaca gan. ^_^
    Do'a nya bagus.
    Alangkah baiknya jika ditambah lagi...
    Terima kasih .... Wassalam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan,
      Insya Allah setiap hari selalu bertambah doa-doanya di blog ini.
      semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Tiada kata indah dan semerdu doa, mdh2 kita sll diijabahi semua doa kita dr yg kuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien, amien ya Rabbal 'alamin

      Hapus
    2. maaf boss,bukan amien tp aamiin.
      Beda arti tu boss!!!!!

      Hapus
    3. admin nya aja gak tau arti dari aamiin...nulisnya aja amien..paling ini blog cuma copas aja

      Hapus
    4. @akanag kucay
      Mohon maaf, untuk penulisan latin khususnya kalimat arab memang banyak kontroversi karena memang lafadz dalam bahasa arab jika di latinkan akan jauh lebih susah terutama dalam membacanya..

      Terkait kata amien, jika itu salah kami mohon maaf dan berterima kasih untuk mengingatkan. Namun bukan berarti kami tidak tahu apa arti dari Amin tersebut yang setiap hari kita ucapkan setelah berdoa..

      Mohon untuk lebih bijak dalam menilai sesuatu.
      Terima kasih.

      Hapus
    5. Ya manusia memang tempatnya salah, jadi tolong ikut ngoreksi aja, gak sah menyalahkan, anda blom tentu pintar dalam menyikapi sesuatu dengan bijak, terima kasih min blog ini bagus top markotop

      Hapus
    6. gpp ,..memang itu hanya model atau gaya penulisan di luar tata bhasa baku,..gk perlu dipermasalahkan

      Hapus
    7. Harap dimaklumin min..jika ada komentar negative,biasanya orang begitu tak punya karya dan Pembenci..sehari harinya biasa berpikir negative.

      Hapus
    8. Bagaimanakah penulisan lafaz aamiin dlm bahasa indonesia yang benar ? Ada yang menulis “amin“, “amiin”, “aamin” bahkan tidak jarang juga ada yg menulis “Amien”
      Seperti kita ketahui Lafaz Aamiin diucapkan didalam dan diluar salat, diluar salat, aamiin diucapkan oleh orang yang mendengar doa orang lain. Aamiin termasuk isim fiil Amr, yaitu isim yang mengandung pekerjaan. Maka para ulama jumhur mengartikannya dengan Allahummas istajib (ya Allah ijabahlah). Makna inilah yang paling kuat dibanding makna-makna lainnya seperti bahwa aamiin adalah salah satu nama dari asma Allah Subhanahu wata’alaa.
      Membaca aamiin adalah dengan memanjangkan a (alif) dan memanjangkan min, apabila tidak demikian akan menimbulkan arti lain. Dalam Bahasa Arab, ada empat perbedaan kata “AMIN” yaitu :
      1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM
      2. “AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN
      3. ”AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA
      4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI. Terus Bagaimana dengan pengucapan/Penulisan “Amien“ ??? Sebisa mungkin untuk yang satu ini (Amien) dihindari, karena Ucapan “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme) setelah do'a ini sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari Mesir Kuno: Amin-Ra (atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra)
      Marilah kita biasakan menggunakan kaidah bahasa yang benar dan jangan pernah menyepelekan hal yang sebenarnya besar dianggap kecil. Demikian sekilas penjelasan yang singkat ini mudah-mudahan bermanfaat ... Aamiin ... :)

      Hapus
    9. Saya yakin mereka yang belajar mengaji dengan benar akan faham dengan maksud tulisan bantuan (dlm bhs Indonesia ) dia akan membaca sesuai lafaz yang seharusnya, yg memperdebatkan masalah tulisan latin berarti dia belum pernah belajar mengaji

      Hapus
    10. yang komen negatif juga belum tentu tau apa artinya (amiin) karena hanya allah lah yang tau!!

      Hapus
    11. Komen mas Prapto sangat memberi pencerahan. Terimakasih atas ilmunya.

      Hapus
  4. Silakan gan, semoga bermanfaaat.
    Amien

    BalasHapus
  5. Muhammad Palid Siregar23 Mei 2015 pukul 09.54

    Alhamdulillah,Syukron gan...
    izin menghafal do'anya gan.....
    semoga Allah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua......

    BalasHapus
  6. اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْرِ وَالْكَسَرِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ
    mohon dikoreksi huruf zai tertukar dengan huru ro pada kata الْعَجْرِ seharusnya الْعَجْزِ
    terima kasih, mohon izin copy yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih koreksinya,
      setelah kami cek dan kami teliti, memang ternyata kami salah ketik dan sekarang sudah kami koreksi

      Hapus
    2. Ijin copas.. Btw ini udh bner yaa.. Cos mau q pake hapalan doa abis solat.

      Hapus
  7. Syukron sharing ilmu nya. Sangat bermanfaat. Tp alangkah lbh baiknya kalau disertakan juga sember materi yg kita bagi. Jd yg menerima ilmu pun lbh afdhol untuk mempraktekannya. Jd lbh valid dan reliable gt. Hehe 😁

    BalasHapus
  8. bagus nih gan jarang banget web yg ada bahasa arabnya

    BalasHapus
  9. Assalaamu'alaikum..., Alhhamdulillaah...,
    Terima kasih gan ane minta izin ikutan belajar membaca Do'a2 nya.

    BalasHapus
  10. Izin copy akhi...
    syukron.

    BalasHapus
  11. Ass, Numpang Dowlod yo, trims

    BalasHapus
  12. IJIN COPY MAS BROW MOGA BERMANFAAT BAGI PARA PEMBACA,AND MOGA BLOGNYA TAMBAH RAME

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah
    Trims gan

    BalasHapus
  14. aslmkm wrwb,izin untuk mnghafal nya ya.trmks,wsslm.

    BalasHapus
  15. aslkm ww izin untuk menghafal dan membaca nya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah...

    Terimakasih telah berbagi...

    apakah ada versi PDF nya agar bisa didownload?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak di jadikan versi PDF dan/atau di print out
      silakan manfaatkan tombol sharethis yang sudah kami sediakan. disitu banyak pilihan pak termasuk untuk di print out dan/atau dijadikan bentuk PDF.

      semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Ass. mohon maaf yg dimaksud tombol sharethis yg mana ya karena waktu saya tekan tombol Facebook , berpindah ke fb tapi isinya sama dg yg di blog jd tdk bisa PDF, mhn petunjuknya

      Hapus
    3. www.
      saat ini tombol sharethis sudah tidak kami pakai lagi pak.
      Mohon maaf atas ketidaknyamannya

      Hapus
  17. Asalamualaikum..
    Semoga ilmu yang bermanfaat ini pahalanya terus mengalir..lanjutkan terus bro....

    BalasHapus
  18. ijin share n copy agar manfaat baaah.....amiin...

    BalasHapus
  19. Terimakasih sudah berbagi ilmu. Alhamdulillah saya lebih mengerti lagy.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, terima kasih atas ilmunya, saya doakan admin sehat, panjang umur, dilimpahkan rezekinya, serta dimudahkan segala urusanya oleh Allah SWT, Aamiin...

    BalasHapus
  21. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. izin copas jika tdk di perkenankan mohon e-mail ke zay.zablay33@fmail.com
    trims
    wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam.
      Silakan langsung kirim ke email dengan sendirinya. yaitu dengan cara klik tombol sharethis dan pilih email.

      mksih semoga bisa membantu

      Hapus
    2. Assalamualaikum....semoga menjadi amal jariyyah.....aamiin....mnt izin copas....

      Hapus
  22. Ada haditsnya gak??? Kalau bisa lengkap dengan haditsnya supaya lebih meyakinkan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhon maaf kami tidak hafal haditsnya.
      Namun doa-doa diatas merupakan beberapa doa yang biasa dihafalkan bagi pemula saat belajar menghafalkan doa setelah sholat.

      Kami sendiri saat belajar bersama ustadz hanya mengikuti saja, tanpa diberi tahu haditsnya.

      Jika Anda ragu, silakan bisa tanyakan langsung ke ustadz atau ulama setempat untuk lebih meyakinkan, bagaimana bacaan doa setelah sholat yang benar.

      Terima kasih, mohon maaf atas segala kekurangannya.

      Hapus
  23. mohon izin copy doa nya mudah -2an allah membalaz atas ilmu yang disampaikan kepada umat muslim sedunia amin ya allah

    BalasHapus
  24. Pak musofa, saya izin menggunakan artikel doa sholat ini untuk bahan penulisan tugas saya. TQs

    BalasHapus
  25. Gan izin screen shot ya biar sy hafalinnya enak.syukron

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah,terima kasih gan untuk kumpulan do'anya,semoga bermanfaat.bagi kita semua

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum.....
    Terima kasih kumpulan do'anya & ini sangat bermanfaat buat semua baik yg sdh belajar maupun yg belum.Mhn izin berbagi & mengcopy artikel/do'a untuk tujuan mengulang kaji semoga admin selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.....

    BalasHapus
  28. Doanya sngat bermanfaat syukron katsiroon

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Silakan,
      jika untuk di publikasikan ulang di web / blog, tlng sertakan sumbernya menuju ke halaman ini.

      Semoga bermanfaat

      Hapus
  30. Alhamdulillah...bisa jd referensi doa buat saya. Syukron pak musofa....

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah ..
    Bener bener bermanfaat banget nih. Izin copas..

    BalasHapus
  32. Qobiltu pak ustadz ,, syukron

    BalasHapus
  33. terima kasih akhi.. Insya Allah saya hafalkan

    BalasHapus
  34. Mohon iZin untuk d amalkan ustadz..terimakasih

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah, terimakasih, semoga kita dlm Lindungan Allah SWT. Aamiin

    BalasHapus
  36. Apakah boleh mengangkat tanga ketika berdoa setelah solat 5 waktu pak ustad

    BalasHapus
  37. terima kasih. ijin copi, doakan saya agar mudah menghafalnya.

    BalasHapus
  38. izin sedot gan. semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  39. assalamualaikum wr.wbr.
    minta izin untuk dicopas.
    sangat bermanfaat sekali untuk dipelajari.
    terima kasih

    BalasHapus
  40. Sangat bermanfaat.
    mas Musofa Achmad. Tolong di tambahkan doa penutup setelah membaca al-fatihah.jadi lebih lengkap dan tidak cari2 lagi doa nya dan sekalian doa untuk kirim fatihah untuk yg sudah meninggal.terima kasih

    BalasHapus
  41. bacaan doa itu bagus, hanya penyusunan lebih disempurnakan lagi, yaitu dikelompokkan bacaan arab samapai selesai dan terjemahan, bacaan terjemahan indonesia dan arti jadi lebih praktis,seperti itu juga bagus

    BalasHapus
  42. Makasih mas/mbak admin. jazakumullah khairon ;)

    BalasHapus
  43. Saya ijin amalkan y gan. Makasih......

    BalasHapus
  44. Assalamu 'alaikum. minta izin amalkan.
    semoga berkah buat Saudara & berkah juga bagi saya.
    amin...

    BalasHapus
  45. makasai gan aku ijin copas gan

    BalasHapus
  46. alhamdulillah.. terimakasih..

    BalasHapus
  47. Asslmkum..min izin copas ya moga bermnfaat..

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum wr wb.
    Terima atas artikel doa2nya...
    Namun alangkah baiknya jika adsense/iklan yg muncul tdk mengganggu dari artikel ini. Jika artikel ini tentang bacaan/doa...seyogyanya iklan yg muncul jangan PEMBESAR PENIS.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Terima kasih atas masukkannya.
      Terkait masalah iklan, memang untuk saat ini kami menggunakan iklan lokal dan masalah iklan dewasa kami sudah mengajukan untuk pemblokiran iklan2 dewasa.

      Namun ternyata sistem yang ada tidak 100% iklan dewasa terblokir meskipun pada dasarnya sudah melakukan pemblokiran iklan dewasa..

      Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dengan iklan yang muncul terutama yang berbau dewasa...

      Semoga kedepannya, kami bisa bekerjasama lagi dengan pengiklan nomor 1 dari google. Amin..

      Hapus
    2. Iklan-iklan yang dimaksud (iklan dewasa) adalah iklan bervirus, bisa dihilangkan oleh aplikasi "add block plus".. instal aja langsung di browsernya.. Kesalahan bukan pada halaman website, tapi pada history aktivitas laptop yang digunakan oleh user.. Mungkin [maaf] "KARYA SEMESTA WIGUNA" pernah membuka hal-hal seperti itu..

      Hapus
  49. assalamu'alaikum,
    kak ada yg salah
    yg tulisan latinnya "MUS LIMUN A AJMA'IIN." tapi di arabnya "MUS LIMIN A AJMA'IIN."
    Trims

    BalasHapus
  50. mudah mudahan saya cpet hapal dan tidak mudah lupa....

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum

    Maaf admin di bacaan do'a yg ke 2 tulisan arab nya allahumma shallawasallam, sementara hurup latin nya allahumma shalliwashallim.

    Jika yg salah penulisan arab nya tolong d perbaiki.

    Terimakasih
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sebenarnya tulisan sudah bener "ALLAHUMMA SHOLLIWASALIM" baik arab atau latinnya udah terbaca "SHOLLI"

      Mengenai perubahan harakat dari Fathah menjadi Kasroh, ternyata setelah saya telliti memang ada perubahan/perbedaan ketika kita mengaksesnya dari HP atau smartphone dan ketika di akses via komputer atau laptop.

      Intinya, untuk hasil yang maksimal (tidak merubah harakat) silakan akses menggunakan komputer atau laptop...

      Misalnya, tulisan aslinya "SHOLLI" ketika dilihat di komputer/laptop terbacaa "SHOLLI", namun ketika di akses via HP/smartphone berubah menjadi "SHOLLA"...

      Sejauh ini kami belum tahu bagaimana cara menangani hal tersebut. Namun kami sangat merekomendasikan blog ini di akses via komputer atau laptop..

      terima kasih.

      Hapus
  52. assalamualaikum wr wb,,,,izin copas,terimakasihh,,

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum wr wb
    Biasa seteleh membaca do'a tadi terus pemimpin do'a bilang "al fatihah",setelah itu kita membaca al fatihah dngan suara yg dipelankan atau di dlm hati. Setelah ada do'a yg dibaca lg oleh pemimpin do'a(imam). Bagaimana do'a itu admin?
    Terima kasih
    Wassalam.

    BalasHapus
  54. Terima kasih atas informasinya, sangat berguna sekali jika lupa.

    BalasHapus
  55. assalamualaikum mas.minta ijin mengcopinya, semoga ilmu panjenengan bertamabah,barmanfaat,barokah,amin

    BalasHapus
  56. semoga bermanfaat di dunia dan akherat

    BalasHapus
  57. Alhamdulillah semoga doa kita diterima Allah SWT AMIIIN ....

    BalasHapus
  58. sangat bermanfaat. izin untuk copy do'a nya. Moga Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah, Amin yra

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah.. Sama seperti yang dicari. Sama seperti Imam musholah saat aku kecil. Jadi kangen.
    Terima kasih

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum wr wb.
    sangat bermanfaat. ijin copas untuk dihafal ya saudara/i.
    semoga menjadi berkah bagi kita semua. amin

    BalasHapus
  61. Mas apakah ada dalilnya antum mencantumkan semua doa ini ? kok tidak ada cantuman sumber hadits dan status haditsnya ? antum dapet susunan doa ini dari siapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya tidak tahu haditsya, karena doa diatas sesuai apa yang saya pelajari dari hasil belajar ama ustadz dan dari buku-buku pedoman sholat....

      Memang suatu kekurangan saya juga ketika belajar tidak pernah bertanya tentang hadits2.. tapi saya yakin, seorang ustadz pasti punya dasarnya... entah itu dasarnya dari kiyainya atau bahkan dari hadits... dll... tp ujungnya pasti punya dasar.

      Jika sobat ragu, silakan tanyakan ke ustadz atau kiyai di tempat sobat tinggal. Biar lebih afdhol....

      Dalam blog ini saya tidak bermaksud menggurui, tapi sekedar share doa-doa yang pernah saya pelajari saat skolah di madrasah dan saya amalkan...

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  62. Assalamualaikum, mau bertanya, dibagian kalimat YAMBAGHIILIJALAALIWAJHIKA ditulisan latinnya "yam" menggunakan mim,sedangkan arabnya memakai nun, yg benar yg mana ya? Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. يَنْبَغِىْ adalah bacaan iqlab (nun mati bertemu ba') maka bacaaan nun mati berubah menjadi MIM...

      Perlu di catat:
      Biasanya tulisan latin ditulis sesuai tajwid (bacaan arabnya)

      Hapus
  63. Assalamualaikum izin copas. trimakasih

    BalasHapus
  64. salam. syukran jaeed buat nge share. tapi anna izin copy ya. mau belajar hafal dan ngerti artinya. sangat bermanfaat. :>

    BalasHapus
  65. sory gw baca ada bacaan di atas huruf arab tuh, gw baca salah itu kalo dibaca Bismillaahirrahmaanir RI him cek diatas sebelum anda memberikan ilmu tapi ada masalah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya.
      Sudah kami betulkan, sebelumnya memang salah kharakat...

      Jika temen2 ada yang melihat bacaan yang salah kharakat dll, silakan beri tahu kami agar segera kami cek...

      Terima kasih, semoga bermanfaat

      Hapus
  66. Jazakallohu khaira, terimakasih min, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum izin copas y min untuk d hafal terima kasih semoga ALLAH yg membalas nya

    BalasHapus
  68. alhamdulillah.. terimakasih banyak, sangat bermanfaat untuk saya

    BalasHapus
  69. Salam'alaik, ijin pake Min, jazakallah ahsan.....

    BalasHapus
  70. Assalamu'alaikum, mohon izin untuk mengkopy untuk dihafalkan, terima kasih kang, semoga Allah membalas kebaikan Akang dengan pahala yang berlipat ganda

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum wr.wb
    Bagus sekali gan ijin share dan menghapal moga sukses aamiiinnnn

    BalasHapus
  72. Mas ini aku mw tanya dikit.... Cara nulis bahasa arab di caranya giman ya... Mohon bantuanya mas... Maklum masih gaptek....

    BalasHapus
  73. Mas. aku mw tanya cara nulis arab di blog itu gimana she....?
    tolong ajarin aku mau buat tulisan tulisan arab juga di blog aku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komputernya disetting agar bisa tik tulisan Arab dulu mbak,
      Lalu mengetiknya di ms word aja baru kemudian copykan ke blog

      Hapus
  74. izin copy,,,terimakasih banyak...

    BalasHapus
  75. terimakasih banyak, ini sangat membatu

    BalasHapus
  76. Waah trnyata sangat bermanfaat sekali yaa :)
    sukron wa kasiron !!!!

    BalasHapus
  77. Alhamdulillah
    Sukron wa Kasiro
    Terimakasih banyak min..benar" bermanfaat

    BalasHapus
  78. Terima kasih telah berbagi sesuatu yg bermanfaat, semoga Allah swt meridhoi atas semua kebaikan ini, amin.

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum, terimakasih atas blog nya min, sangat berguna.

    BalasHapus
  80. Semoga aml ibadh di terima oleh allah swt.

    BalasHapus
  81. Alhamdulillah semoga Allah yang membalas nya terima kasih blog yg bermanfaat

    BalasHapus
  82. terima kasih banyak. ini sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  83. Assallammu'alaikum .
    Mohon maaf sebelumnya , saya screen shoot do'a-do'a setelah solat nya ,,, mohon maaf kalo saya tidak izin terlebih dahulu

    BalasHapus
  84. terimakasih banyak,ijin copas untuk di amalkan,smoga ini mnjd amal baik buat adminya..

    BalasHapus
  85. Tolong dong tuk huruf arab nya jg terlalu dekat dri huruf 1 dgn yg lain, jadi susah tuk di baca. Biar lbih jelas membacanya. Tks

    BalasHapus
  86. syukron.. ijin copy iya untuk diamalkan.

    BalasHapus
  87. sebelum di terbitkan tolong di periksa kembali tulisan arab dan latin nya, bahaya dalam pengartiannya. (admin, anda bisa kirim dulu artikel anda ke pen-tashih untuk di periksa, dan lampirkanlah piagam pemeriksaan nya),

    sekali lagi hati hati dengan bahasa arab (bila anda tidak ingin surga anda ditangguh kan sebab salah satu makna)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menyadari mungkin banyak kesalahan dalam penulisan. Silakan bisa dibaca di halaman disclaimer kami.
      Kami membuka lebar dari para pembaca semua untuk saling mengingatkan jika kami terdapat kesalahan dalam penulisan dan akan kami perbaikin jika memang itu salah...

      Dan jika bapak melihat banyak tulisan yang salah, silakan beritahu kami tulisan mana yang arabicnya salah, agar kami segera perbaiki.

      Untuk tulisan arabic khususnya di harakat ada beberapa perbedaan antara diakses via HP dan dan Laptop. Ini sudah kami sampaikan berkali-kali saat membalas komentar.

      Adapun untuk tulisan latin hanya ngikutin bacaannya saja. Alangkah baiknya jangan terfokuskan pada tulisan latin tetapi fokuslah pada tulisan bahasa arab.

      Sekali lagi, jika banyak tulisan yang salah, tolong beritahu kami dimana kesalahannya dan segera akan kami perbaikin.

      Terima kasih semoga bermanfaat.

      Hapus
  88. Syukron.. Semoga amalan mu ini diterima Allah SWT

    BalasHapus
  89. Alhamdulillah, barokaAlloh, semoga bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  90. Izin mengamalkan nya ya Pak. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

    BalasHapus
  91. Assalamu'alaikum.. Izin mengamalkan Pak, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

    BalasHapus
  92. Syukron akhi.
    Sangat bermanfaat.
    Semoga kita semua dapat diberi hidayah, hidup barokah, jadi pribadi yg baik dan bermanfaat untuk ummat.
    Aamiin.

    Oh iya izin copas ya min.🙏😂😇

    BalasHapus
  93. AAAAmmmmmmiiiiiinnnnnnn................................

    BalasHapus
  94. jazakumullah khairan katsiran. Barakallaahufiikum. Asslkm.wr.wb.

    BalasHapus
  95. subhanallah,do'a yang sangat indah dan patut kita pelajari bagi kaum muslimin dan muslimah

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum.. Alhamdulillah, blog yang sangat bermanfaat . Saya ijin save ya, sangat membantu sekali dalam menghapal bacaan doa. Jazakallah khair

    BalasHapus
  97. Terimakasih atas do'a yang telah dilampirkan....semoga bermanfaat bagi kita semua.....Amin...Amin ya Allah.....Kabulkanlah segala doa kami Ya Allah

    BalasHapus
  98. Izin copas min,, terima kasih.

    BalasHapus
  99. Terima kasih gan..mohon izin copas tuk dihapal...in sya Allah bermanfaaf dan buat agan dpt pahala berlipat..Aamiin
    ..

    BalasHapus
  100. “Amien“ ??? Sebisa mungkin untuk yang satu ini (Amien) dihindari, karena Ucapan “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme) setelah do'a ini sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari Mesir Kuno: Amin-Ra (atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra)
    Marilah kita biasakan menggunakan kaidah bahasa yang benar dan jangan pernah menyepelekan hal yang sebenarnya besar dianggap kecil.

    BalasHapus
  101. Assalamu'alaikum
    Terimakasih min untuk do'anya, bermanfaat banget. Izin save ya, buat dihafalin

    BalasHapus
  102. assalamualaikum, bagus artikelnya. apakah ada versi pdf yang mudah untuk di unduh?

    BalasHapus
  103. Assalamu'alaikum, terimakasih banyak atas doa doanya di atas, semoga Allah melimpahkan keberkahan. 'afwan saya mau tanya untuk sumber hadits nya, kalau ada bisa di cantumkan? terimakasih banyak

    BalasHapus
  104. artikel yang sngat membantu ijin kopas ya

    BalasHapus
  105. Alhamdulillah terimakasih ini bermanfaat untuk kami... Izin untuk menggunakannya

    BalasHapus
  106. Izin copas min,,,trima kasih

    BalasHapus
  107. Alhamdulillah ini sangat membantu buat nambahin do'a Dan menambah ilmu. Terimakasih banyak semoga Allah nembalas kebaikan kalian

    BalasHapus
  108. Alhamdulillah. Izin menghafal ya...

    BalasHapus
  109. Jazakallah.. Semoga Allah menjaga admin dari blog ini.

    BalasHapus
  110. mohon izin untuk saya copas ya kak,, nanti saya sertakan link sumbernya
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  111. Ijin copy Min, mau blajar doa sesudah sholat, Semoga Allah Berikan Kemudahan kepadamu Amin..

    BalasHapus
  112. Assalammualaikum ☺ mohon ditambahkan doa keteguhan hati dong pak ☺ syukron

    BalasHapus
  113. Admind yg budiman apakah doa sesudah sholat ini bisa di gunakan waktu sukuran atau ada acara" ??

    BalasHapus
  114. makasih min, saya doakan terus sehat, iatiqomah, tambah ilmunya

    BalasHapus
  115. alahamdulillah bermanfaat banget

    BalasHapus
  116. Barakallah yg bikin bikin blog ini
    Amin ya rabb
    Selalu sukses mas

    BalasHapus
  117. terimakasih telah berbagi dan mohon izin copy paste

    BalasHapus
  118. Assalamualaikum alhamdulillah .Izin Membaca gan. Do'a nya bagus.Alangkah baiknya jika ditambah lagi...Terima kasih .... Wassalam!

    BalasHapus
  119. Thanks buat tulisannya bang admin.. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  120. Doakan saya teman2... Semoga saya bisa menghafal dan mengamalkannya.. Amin

    BalasHapus
  121. Alhamdulillah, ijin untuk dicopas mas. buat hafalan

    BalasHapus
  122. Assalamualaikum
    Izin untuk mengamalkan nya ya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  123. sesuai dengan himbauan bpk mursalim,,kata apakah yg seharusnya di pakai ktka stlh mendengar/mengucapkn doa,krn selama ini yg sy tau dn dengar ykni kata amien.terimakasih

    BalasHapus
  124. saya buat bookmark nya :) terima kasih

    BalasHapus
  125. Assalamualaikum
    Izin utk salin doa nya akhi, semoga amalannya berkah baki kita semua. Amin

    BalasHapus
  126. Terima kasih,

    izin copas ya min. Semoga barokah.
    Amin.

    BalasHapus
  127. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
    Bagi pembaca yang lebih tahu, silahkan memberi masukan atau koreksi kepada adminnya, namun hendaknya dengan cara selayaknya orang berpengetahuan juga. CARA kita / Anda mengingatkan akan mencerminkan diri kita / Anda bahwa kita / Anda berpengetahuan atau tidak.
    Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

    BalasHapus
  128. Terus maju untuk mengamalkan.. Kami senang dengan adanya web ini.. Trims bnyk.. Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  129. Alhamdulilah, trimakasih min sudah berbagi

    BalasHapus
  130. Mas saya boleh tau sumbernya gak, supaya bisa lebih yakin lagi mas..
    Ini di baca di semua waktu sholat kah?
    Terimaksih sebelumnya..

    BalasHapus
  131. Nama mimin siapa saya mau ngirim fatihah

    BalasHapus
  132. subhanAllah terimakasih telah barbagi ilmu ini , anda adalah orang yang sangat bijak dalam agama , teruskanlah karya anda , dan semoga menjadi lebih sukes ...

    BalasHapus
  133. Alhamdulillah, tambah ilmu untuk dunia Dan akhirat.terimakasih gan🙏👍

    BalasHapus
  134. Assalamu'alaikum,terima kasih sudah berbagi ilmu. Saya ijin copy paste ya. Jazakallahu khairan.

    BalasHapus
  135. assalam'alaikum...alhamdulillah....ijin mengamalkan...

    BalasHapus
  136. Nikmat Allah yang sungguh luar biasa, salah satunya ialah hambaNya yang baik dan senantiasa memberikan pelajaran kebaikan. Semoga Amal mengalir untuk anda mas admin, Aamiin

    BalasHapus
  137. Izin Copy & Print ya min, supaya saya bisa gampang hafalinnya.
    Terimkasih untuk Ilmu-nya.

    BalasHapus
  138. Alhamdulillah. Terimakasih. Insya Allah Sudah bisa. tinggal dirutinkan tiap hari insya Allah Lancar Amin. Terimakasih Semoga Allah memberi balasan yang setimpal.

    BalasHapus
  139. alhamdulillah, terimakasih.
    mohon izin copy

    BalasHapus
  140. Terima kasih... numpang donlod... smg berkah

    BalasHapus
  141. Alhamdulillah Jazakallahu khairan min

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).